BERDOA
.co
christian
online
TOP Berdoa

Artikel Doa

Dari TOP Berdoa

Langsung ke: navigasi, cari

Berikut adalah artikel-artikel seputar doa, yang dapat memperlengkapi Anda, khususnya yang terlibat dalam pelayanan doa, serta menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang hal-hal seputar doa.

Daftar isi

Doa Misi

Sebagai orang yang telah menerima anugerah keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus, seharusnya kita bertanya kepada diri sendiri, "Bagaimana saya dapat mengambil bagian dalam misi sedunia?" "Apakah saya haru spergi atau mempersembahkan uang, atau terbeban untuk berdoa bagi misi sedunia? Doa adalah pegangan utama bagi keefektifan pekerjaan misi sedunia.

  • Berdoa Mereka Belum Terjangkau
    Doa seperti apakah yang memunyai dampak terbesar bagi Misi Pekabaran Injil? Artikel ini menyajikan cuplikan dari tiga buah pendekatan tentang berdoa untuk mereka yang belum terjangkau.
  • Doa Paulus Orang Orang Kristen di Tesalonika
    Artikel ini merupakan doa yang menyatakan bahwa Paulus dapat kembali ke Tesalonika untuk "menambahkan apa yang masih kurang pada iman" jemaat di Tesalonika.
  • Doa Pusat Kekuatan Misi
    Doa bukan sekadar suatu hal menyenangkan yang bersifat rohani -- sesuatu yang saleh untuk menjadi sekadar pengisi kegiatan rutin keagamaan kita. Doa lebih merupakan cara hidup dengan Bapa.
  • Bagaimana Mendoakan Para Misionaris
    Setiap anak-anak Tuhan ingin menaati kehendak Allah tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri, melainkan harus bersedia untuk terlibat dalam misi sedunia. Itulah sebabnya mereka diminta untuk mendoakan para tenaga yang bersedia diutus.
  • Supremasi Tuhan dalam Misi Melalui Doa
    Doa merupakan sarana komunikasi utama selama masa perang bagi misi gereja karena melaluinya kita dapat melawan kuasa kegelapan dan ketidakpercayaan.
  • Penting atau fundamentalkah doa Itu
    oa bukan hanya sebuah kenikmatan rohani -- suatu kesalehan untuk menekankan rutinitas religius kita. Doa adalah hubungan kita dengan Bapa.
  • Pelayanan Doa Seorang Pengabar Injil
    Pelayanan doa harus berkesinambungan, senantiasa diperhatikan, dan mencakup semua aspek pelayanan sang utusan Injil. Pelayanan syafaat sang penginjil merupakan bagian yang penting dari perlengkapan gereja yang telah diberikan Tuhan untuk kesejahteraan rohaninya.
  • Doa: Melawan Status Quo
    Kelemahan kita dalam berdoa terjadi karena kita kehilangan cara pandang dan jika kita tidak memperolehnya kembali, kita tidak akan bisa bertahan sebagai pihak penggugat.
  • Doa dan Gereja Teraniaya
    Beberapa tahun yang lalu, Pendeta Ha bercerita kepadaku di Vietnam, beberapa saat sebelum dia ditangkap dan dipenjara selama lebih dari enam tahun: "Banyaknya permasalahan telah mengajar kami untuk berdoa. Kami memiliki solusi sederhana saat menghadapi banyak masalah; berdoa lebih banyak lagi!"
  • Doa 1
    Jika kita melihat Alkitab, kita mendapatkan bahwa Allah menghendaki agar "semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran" (1 Timotius 2:4; 2 Petrus 3:9). Kita juga mendapatkan bahwa kedatangan Tuhan Yesus ke dunia, tergantung kepada penggenapan Amanat Agung
  • Doa 2
    Sekalipun secara teologis kita yakin bahwa Allah bekerja melalui doa, akan bermanfaat bila kita melihat teladan-teladan dari orang-orang yang telah berdoa. Teladan dari Nehemia, Hudson Taylor, Jim Eliot, dan orang-orang Kristen yang dibunuh di RRC, seharusnya mendorong kita untuk berdoa!

Mengajar Anak Berdoa

Banyak orang tua merasa kesulitan, ketika mengajar anak mereka untuk berdoa. Artikel dibawah ini, merupakan kumpulan artikel yang menyajikan materi seputar bagaimana mengajari anak berdoa

  • Apakah Allah Selalu Memberi Kita Apa yang Kita Doakan
    Terkadang kita berdoa untuk hal-hal yang akan tidak mengenakkan kita atau orang lain, atau kita berdoa dengan sikap mementingkan diri sendiri. Hal ini akan berakibat tidak baik apabila Allah mengabulkan apa yang kita minta dalam situasi tersebut.
  • Pertanyaan Doa Anak Baikkah Mengeluh Kepada Allah
    Kita harus jujur mengenai perasaan-perasaan kita, karena kita memang tidak dapat menyembunyikannya dari Allah.
  • Doa: Komunikasi Anak dengan Allah
    Dalam Tips berikut ini Anda dapat mengetahui bagaimana cara-cara praktis mengajar anak berdoa. Selain itu Anda akan dibukakan wawasan yang lebih luas lagi tentang arti doa dan menolong anak untuk belajar mengerti jawaban Tuhan atas doa-doa mereka.
  • Menolong Anak Belajar Menyusun Doa Sendiri
    Artikel berikut merupakan teknik yang dapat diapkai untuk menolong anak-anak belajar menyusun doa sendiri dan masuk ke dalam suasana doa dalam hatinya untuk dirinya sendiri.
  • Apa yang Yesus Ajarkan tentang Doa (Yohanes 17)
    Pada saat Yesus selesai berdoa, murid-murid-Nya berkata kepada-Nya, "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." (Lukas 11:1). Jelaslah bagi kita bahwa para murid-murid itu memiliki perasaan yang sama dengan kita, yaitu merasa perlu menjadi lebih dekat lagi dengan Allah dan bisa bersekutu dengan-Nya.
  • Mengapa Kita Berdoa Agar Kita Tidak Menjadi Orang Jahat?
    Dalam doa Bapa Kami, Yesus mengajar murid-murid-Nya untuk berdoa, "Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, testapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat." Ketika kita berdoa seperti kalimat dalam doa tersebut, kita meminta Allah untuk menolong kita untuk tidak menjadi dan berbuat jahat.
  • Berilah Anak Anda Hati yang Berpaut kepada Allah
    Apakah yang harus Anda lakukan supaya dapat memberi kepada anak Anda kasih yang matang dan penuh gairah kepada Allah, agar mereka memiliki hidup rohani yang bertumbuh? Teladan apa yang telah Anda tunjukkan dalam kehidupan keluarga Anda?
  • Membawa Murid Memiliki Hubungan dengan Allah
    Sebagai guru, perlu bagi kita untuk mengajarkan kepada murid-murid kita bahwa Allah sangat dekat dengan mereka. Kedekatan hubungan mereka dengan Allah dapat menjadi kunci penting pertumbuhan iman selanjutnya. Untuk itu silakan ikuti tips di bawah ini.
  • Arti Penting dari Belajar Berdoa
    Apabila kita mengajar anak-anak untuk tidak sekadar berdoa, melainkan untuk menempatkan doa sebagai landasan hidup dan jati diri mereka yang sebenarnya, maka kita memberikan anugerah, manfaat, dan berkat-berkat utama yang dapat mereka peroleh dalam kehidupan, yaitu persekutuan dan persahabatan dengan Allah.
  • Bolehkah Kita Berdoa untuk Binatang?
    Kita boleh berdoa untuk segala hal yang penting bagi kita, dan hal ini termasuk binatang-binatang. Allah menginginkan kita berbicara dengan-Nya tentang segala hal yang berkepentingan dengan kita.
  • Pertanyaan-pertanyaan Anak Seputar Doa
    Secara spontan seorang anak bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang doa yang tidak boleh kita jawab dengan sekenanya. Berikut ini beberapa pertanyaan anak seputar doa beserta dengan jawaban yang dapat kita berikan kepada mereka.
  • Mendoakan Murid-murid Kita
    Sama seperti Kristus yang selalu mendoakan murid-murid-Nya, seorang guru sekolah minggu harus senantiasa mendoakan anak-anak layannya. Banyak cara yang dapat digunakan untuk memotivasi diri sendiri berdoa bagi mereka. Tips berikut ini memberikan beberapa saran praktis untuk berdoa bagi anak-anak layan Anda.
  • Pertanyaan yang Diajukan Anak Umur 4-5 Tahun
    Pernahkah Anda tergagap karena tak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan seorang anak berumur 5 tahun? Artikel berikut merupakan cuplikan 9 pertanyaan biasa yang diajukan anak Balita tentang Tuhan dan hal-hal rohani lainnya, serta contoh pedoman jawaban yang dapat diberikan.
  • Kehidupan Rohani Anak dalam Hal Berdoa
    Kesan pertama seorang anak tentang doa bisa jadi berasal dari mendengarkan ibu atau ayah atau gurunya berdoa. Mendengar orang tua atau orang dewasa berbicara pada Tuhan mendorong kenyataan bahwa Tuhan adalah sosok yang mendengar.
  • Pemimpin dengan Doanya
    Bila kita membicarakan pemimpin dengan doa dan keuangannya, nampaknya urusan ini terlalu sepele dalam jenjang penguraian "kepemimpinan". Bukankah dengan sendirinya seorang pemimpin harus berdoa, membaca dan mengurus keuangannya?
  • Membaca Firman Tuhan dan Berdoa Setiap Hari
    Guru sekolah minggu yang sibuk dan cermat harus berusaha sungguh-sungguh untuk mengisi jiwanya sendiri. Karena dengan menaruh perhatian terhadap orang-orang lain, ia dapat dengan mudah melalaikan pemeliharaan kerohaniannya sendiri.
  • Ingatkah Kamu Berdoa?
    Sejak usia dini, anak-anak sebainya di ajar agar mereka memiliki disiplin rohani. Bagaimana cara mengajarkannya? Tentu saja, sebagai orang Tua, Anda harus terlebih dahulu melakukannya, sebelum Anda mengajarkannya kepada anak Anda.
  • Mengapa Kita Berdoa Sebelum Tidur?
    Apa yang akan Anda katakan, jika anak Anda menanyakan pertanyaan berikut: "Mengapa Kita Berdoa Sebelum Tidur?"
  • Bagaimana Berdoa
    Ketika kita memikirkan cara berdoa, kita perlu berhati-hati agar tidak menganalisa secara berlebihan apa yang merupakan kegiatan yang wajar dan spontan.
  • Doa: Bagai Menarik dan Menghembuskan Nafas
    Berbicara, merenung, dan berserah diri kepada Sang Pencipta adalah bagaikan menarik dan menghembuskan napas. Namun, seringkali pertumbuhan kehidupan doa kita terhambat karena adanya hal-hal tak penting yang mengintimidasi.
  • Doa: Anak Berbicara kepada Tuhan
    Sebagian besar orangtua dan guru telah menyaksikan kebingungan dan kekecewaan seorang anak yang doanya tidak terjawab. Dalam pikiran anak kecil, Tuhan dapat menjadi pembunuh kesenangan, "orang jahat", atau bahkan seseorang yang hanya mendengarkan doa orang dewasa saja.
  • Disiplin Berpuasa
    Dalam kebudayaan duniawi kita ini, orang cenderung berpuasa karena dua alasan -- untuk mendramatisasikan suatu maksud dan untuk menurunkan berat badan.
  • Sebelas Alasan Mengapa Doa Itu Penting
    Reuben A. Torrey, dalam bukunya "How to Pray" (New York: Revell, 1900), memberikan sebelas alasan mengapa doa itu penting. Apa saja itu? Simak artikel ini.
  • Pendidikan tentang Doa
    Sewaktu "Doa Bapa Kami" diucapkan, adakah anak mengerti akan maknanya atau hanya sekadar dihafal begitu saja? Atau dapatkan anak menjadi pandai berdoa dengan mengulangi terus doa tersebut?
  • Kreasi Doa yang Menarik
    Bagian yang paling menakutkan anak, yaitu bila ia diminta untuk maju berdoa di depan kelas. Acara yang paling membosankan anak adalah jika doa terlalu panjang. Sekarang, bagaimanakah mengubah persepsi doa yang kurang menarik ini mejadi bagian yang diminati anak?
  • Mengucapkan Doa -- Atau Berdoa?
    Kita semua adalah guru bagi anak-anak. Mereka mengamati kita, meniru kita, dan belajar dari kita. Pendekatan yang kita gunakan untuk mengajar akan sangat menentukan hasil dari proses belajar mengajar itu. Bagaimana kita dapat menentukan pendekatan apa yang akan kita gunakan?
  • Mengajarkan Cara Berdoa Kepada Anak
    Bagaimana mengajar anak tentang apakah doa itu dan bagaimana cara berdoa? Anda dapat mengarahkan mereka agar membuka dan menutup doa sesuai dengan pola yang ada di dalam Alkitab.
  • Pentingnya Berdoa
    Di dalam surat Efesus 6:18 kita membaca kata-kata penuh kuasa yang menyatakan betapa pentingnya berdoa dengan tekun. "Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang kudus."
  • Ketika Enggan Berdoa
    Para pendoa besar meyakinkan kita bahwa Allah akan melakukan hal-hal yang lebih besar lagi bersama kita jika kita berdoa dengan melawan keengganan itu dibandingkan jika kita berdoa dengan membawa keengganan itu.
  • Proyek Mempraktikkan Doa
    Bagaimana anak dapat mengerti arti penting berdoa tergantung dari bagaimana kita sebagai guru rohani membimbing mereka untuk berdoa dalam kelas setiap minggunya.
  • Mengajarkan Berdoa untuk Kelas Besar
    Bagi anak kelas besar target sasaran mengajarkan berdoa adalah untuk menjadikan doa sebagai "nafas" hidup anak-anak, supaya anak selalu dapat menghayati kehadiran Tuhan "teman hidup"-nya dalam kesehariannya.
  • Mengajar Murid Berdoa
    Kadang-kadang dianggap bahwa anak-anak dan orang yang baru bertobat tahu cara berdoa. Seringkali tidak demikian halnya. Beberapa masalah doa yang umum adalah: kurangnya keseimbangan antara pujian dan permohonan doa, keprihatinan doa yang terbatas, hanya berdoa secara umum, terlalu banyak menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah usang dalam doa.
  • Membuat Proses Belajar Berdoa Menjadi Menyenangkan
    Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat proses belajar berdoa jadi menyenangkan. Tips ini dapat diterapkan oleh orangtua, guru maupun mereka yang sering melayani anak-anak.
  • Mengajarkan Berdoa untuk Kelas Kecil
    Tujuan pengajaran tentang doa pada kelas kecil adalah untuk membentuk pengertian dasar pada setiap anak sehingga mereka dapat memahami: Berdoa adalah saat di mana anak memohon "Bapanya yang di Surga"
  • Mendidik Anak Berdoa Kapan dan di Mana Saja
    Salah satu cara untuk mengajarkan arti penting doa kepada anak-anak adalah dengan mengatakan bahwa mereka dapat berdoa kapan dan di mana saja.
  • Pertanyaan Doa Anak: Mengapa Menutup Mata Pada Saat Berdoa?
    Kita menutup kedua mata kita terutama untuk tujuan membantu kita melakukan konsentrasi dalam doa kita. Setiap saat kedua mata kita terbuka, kita dapat melihat setiap kejadian di sekeliling kita dan kemudian kita memikirkannya.
  • Apakah Doa Itu?
    Ada banyak pertanyaan anak-anak mengenai "Doa". Pertanyaan anak-anak yang nampaknya sepele ini sebenarnya merupakan pertanyaan yang serius, sehingga kita tidak boleh menganggap remeh pertanyaan anak-anak ini.
  • Pertanyaan Anak tentang Doa: Apakah Cara Kita Berdoa itu Penting?
    Berdoa secara sungguh-sungguh berarti berdoa dengan kata-kata yang jelas, di mana kita hanya mengatakan apa yang akan kita maksudkan untuk kita ucapkan. Ini juga berarti kita tidak mencoba untuk menggunakan bahasa yang berpura-pura atau kata-kata yang lucu.
  • Keluarga dan Doa
    Kesatuan inti dari persekutuan dalam tubuh Kristus adalah keluarga. Secara rohani kita berkata bahwa keluarga merupakan tempat utama untuk mengajarkan pentingnya tugas berdoa yang dipercayakan kepada kita.

Peperangan Rohani

Efesus 6:12 berkata, "karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara." Bahan-bahan berikut dapat Anda gunakan untuk "berjaga-jaga" dalam kehidupan rohani Anda dan bagaimana menghadapi serangan-serangan yang dilakukan oleh iblis.

  • Doa Syafaat dan Strategi Peperangan Rohani
    Apa pentingnya doa syafaat dan peperangan rohani? Bagaimana membuat strategi dalam peperangan rohani? Temukan jawabanya dalam artikel ini.
  • Peperangan Rohani
    Tidak perlu diragukan lagi bahwa pertempuran kita melawan musuh dari semua tingkatannya merupakan tindakan yang memiliki resiko. Tetapi tidak juga meragukan bahwa kita dipanggil untuk melakukan pertempuran. Jadi pertanyaannya sekarang, bagaimana kita melakukannya?
  • Menduduki Kota-Kota Musuh
    Artikel ini berisi prinsip-prinsip dalam menduduki kota-kota musuh yang dapat Anda gunakan sebagai penuntun dan pemberi semangat saat Anda memenuhi panggilan-Nya.

Doa dan Roh Kudus

Roh Kudus sendiri akan menolong kita berdoa sesuai dengan kehendak Bapa (Roma 8:26-27). Apabila kita berdoa "di dalam Roh" maka kita mampu untuk mendoakan doa-doa Allah, merasakan perasaan-perasaan Allah, dan memikirkan pikiran-pikiran Allah.

  • Roh Kudus dan Doa
    Alkitab berkata bahwa Roh menolong kita dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Apakah artinya itu? Roh Kudus menolong kita berdoa karena Ia mengetahui isi hati Tuhan.
  • Doa dan Kebangunan Gereja
    Apakah kebangunan terjadi karena doa manusia? Kebangunan adalah anugerah Tuhan, maka bukan karena kita berdoa lalu Tuhan mengadakan kebangunan, dan bila kita tidak berdoa maka Tuhan tidak mengadakan kebangunan.
  • Kuasa Doa dan Peran Roh Kudus dalam Pelayanan
    Sebelum naik ke surga, Yesus Kristus memberitahu murid-murid-Nya tentang Roh Kudus yang akan diutus untuk melakukan tugas-tugas khusus. Tugas-tugas Roh Kudus demikian jelasnya. Kuasa doa dalam tugas-tugas penginjilan, penggembalaan, dan tugas-tugas pelayanan praktis lainnya tidak dapat disangkal lagi.
  • Berdoa dalam Kuasa Roh 1
    Pemikiran-pemikiran ini didasarkan atas kebenaran yang sangat sederhana, tetapi sangat berkuasa: bilamana kita dipersatukan dengan Allah oleh Roh-Nya, kita dapat menjadi satu dengan Dia di dalam doa. Bukankah ini suatu pemikiran yang luar biasa dan ajaib.
  • Berdoa dalam Kuasa Roh 2
    Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel yang berjudul "Berdoa dalam Kuasa Roh 1". Pada bagian ini dijelaskan cara-cara dan sarana-sarana utama untuk berdoa di dalam Roh.
  • Fenomena Dalam Lawatan Allah, Alkitabiahkah?
    Sepanjang sejarah kekristenan, keadaan gereja tidak selalu cemerlang. Gambaran gereja mula-mula yang ideal (zaman para Rasul), menurun hingga mengalami "kematian" yang dikenal dengan zaman kegelapan atau "The Dark Ages".
  • Pelajaran Pentakosta
    Apakah Pentakosta itu? Apakah ia hanya merupakan fakta sejarah semata -- kolot, tandus, masa lalu? Atau apakah Pentakosta adalah masa kini, energi kehidupan yang harus dihasilkan dalam sejarah kehidupan setiap individu dan setiap gereja di semua tempat dan untuk sepanjang waktu?

Doa Syafaat

Jangan pernah meremehkan kekuatan kuasa dari doa-doa Anda. Ketika Anda berdoa untuk orang lain sesuai dengan kehendak Tuhan dan firman-Nya, maka akan selalu menghasilkan perkara-perkara yang ajaib

  • Doa Syafaat
    Doa syafaat dapat didefinisikan sebagai doa kudus, penuh keyakinan, dan tekun yang dengannya seseorang memohon dengan sangat kepada Allah demi seorang atau beberapa orang lain yang benar-benar membutuhkan campur tangan Allah.
  • Prioritas Doa Syafaat 1
    artikel ini yang mengajarkan 8 komitmen doa yang akan memotivasi untuk terus hidup di dalam doa. Khusus untuk penyajian kali ini, kami memberikan 3 point: Komitmen untuk Menderita, Komitmen pada Tugas, dan Komitmen untuk Misi.
  • Prioritas Doa Syafaat 2
    Artikel ini merupakan kelanjutan artikel yang berjudul "Prioritas Doa Syafaat 1". Pada bagian ini akan dibahas: Komitmen untuk Bertahan, Komitmen untuk Hubungan, Komitmen untuk Berkurban, Komitmen pada Kesempatan, dan Komitmen untuk Menyelesaikan Pertandingan.
  • Fungsi Doa Syafaat (1)
    Terkadang kita tidak tahu apa artinya dan untuk apa kita bersyafaat. Artikel berikut akan membahas tujuh fungsi doa syafaat, diantanya Panggilan untuk Melayani dan Panggilan Untuk Berperang.
  • Fungsi Doa Syafaat (2)
    Dalam artikel "Fungsi Doa Syafaat (1)" telah dibahas 2 fungsi doa syafaat. Bagian ini membahas 5 fungsi doa syafaat.
  • Visi Gerakan Doa
    Kegerakan doa terjalin dalam persatuan dan kesatuan gereja-gereja di Indonesia. Kegerakan doa ini merupakan penggenapan doa Tuhan Yesus supaya mereka semuanya menjadi satu dan orang akan mendengar suara Tuhan dan dunia akan percaya kepada-Nya.
  • Membangun Gerakan Doa Sekota
    Langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk membangun Gerakan Doa Sekota? Temukan jaawbannya di artikel ini.
  • Apakah Menara Doa Kota?
    "Menara Doa Kota" adalah tempat dimana murid-murid Tuhan Yesus (Tubuh Kristus) menaikkan doa, pujian dan penyembahan selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, 365 hari dalam setahun. Sebelum Menara Doa Kota didirikan kita harus terlebih dahulu mendirikan tembok (yang bisa juga diartikan sebagai tempat-tempat doa per wilayah) yang mengelilingi kota sebagai tempat berdoa (Nehemia 2:17).
  • Peran Pendoa Syafaat
    Pendoa syafaat barangkali merupakan unsur yang paling sedikit dipahami dalam proses pemetaan rohani. Dalam beberapa tim, mereka sedemikian ditinggikan sebagai penyampaian pesan ilahi, sehingga membuat sebagian besar pekerjaan unit lain menjadi tidak penting.
  • Gerakan Doa Dunia
    Seperti tanaman tidak dapat hidup tanpa air, demikian pula kebangunan rohani di kota-kota kita tidak dapat terjadi tanpa doa. Benih-benih yang telah ditabur, diairi oleh air mata para pendoa syafaat, menghasilkan jiwa-jiwa yang bertobat dan datang kepada Tuhan.
  • Merencanakan Doa Keliling
    Doa keliling memberikan kesempatan bagi kita untuk melihat suatu kota sebagaimana adanya, dan mendoakan penduduknya di tempat mereka tinggal. Tujuannya adalah memperoleh visi Tuhan untuk mendoakan tempat tersebut, sekaligus berperang melawan penguasa kegelapan di tempat tersebut.
  • Berdoa Bagi Kota Anda
    "Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu." (Yeremia 29:7)
  • National Prayer Conference Indonesia 2005
    NPC (National Prayer Conference) atau Konferensi Doa Nasional adalah suatu rangkaian kegerakan doa yang terus-menerus dilakukan selama bertahun-tahun di seluruh Indonesia agar menjadi suatu momentum yang sangat besar dan luar biasa
  • Dicari, Para Pendoa
    Doa adalah alat yang paling besar untuk memajukan pekerjaan Allah. Hanya hati dan tangan yang berdoa yang dapat mengerjakan pekerjaan Allah. Doa mencatat keberhasilan saat yang lainnya mengalami kegagalan.
  • Dataran Tinggi Doa Syafaat
    Seorang hamba Tuhan berkata, "Berbicara dengan manusia atas nama Allah adalah hal yang mulia, tetapi berbicara dengan Allah atas nama manusia adalah lebih mulia." Doa syafaat ialah mengutamakan keperluan orang lain, dan bukan menaikkan permohonan doa bagi diri kita sendiri.
  • Doa Syafaat: Suatu Gaya Hidup 1
    Beberapa tahun yang lalu, pada bulan Mei 1986, saya sedang mempersiapkan untuk mengikuti pelatihan di Sekolah Doa (School of Prayer) di Polandia, atas undangan seorang pendeta muda dari Pittsburgh, Mark Geppert. Enam minggu sebelum keberangkatan saya ke Eropa Timur, saya bertemu dengan Mark untuk menyelesaikan jadwal perjalanan kami.
  • Doa Syafaat: Suatu Gaya Hidup 2
    Saya seorang yang suka mempelajari kata-kata. Saya dengan mudah sekali dapat tenggelam dalam kamus atau konkordansi selama sejam. Yang paling menarik bagi saya adalah asal usul sebuah kata, dan saya suka menyelidiki bagaimana mula-mula terjadinya kata-kata yang kita pakai sehari-hari.
  • Para Pendoa Syafaat 1
    Uilfredo Pareto, ekonom Italia, mendapatkan suatu penemuan yang mengherankan sehubungan dengan kecenderungan pada abad ini. Ia mendapatkan bahwa apa pun sistem perpajakan yang dipakai oleh suatu negara, sekitar 20 persen orang memegang kendali atas 80 persen uang yang beredar.
  • Para Pendoa Syafaat 2
    Berapakah jumlah anggota suatu jemaat yang biasa memiliki karunia doa syafaat? Jawaban pertanyaan ini tidak sepenuhnya diketahui. Tidak mengherankan, penelitian yang lebih lanjut akan menemukan beberapa variabel yang penting.
  • Doa Syafaat Sebagai Balok Pendobrak 1
    Alangkah istimewa hak seorang penginjil, bila ia memiliki banyak orang yang berdoa untuk mendukung penginjilannya! Merekalah pekerja mesiu yang menyediakan dinamit untuk pengeboman Injil terhadap neraka. Para tokoh doa syafaat itu lebih daripada mitra doa.
  • Doa Syafaat Sebagai Balok Pendobrak 2
    Seperti Musa dan Yosua bekerja sama dalam pertempuran melawan Amalek, demikianlah Tuhan bermaksud agar doa syafaat dan penginjilan bertugas secara gabungan. Keduanya seperti tangan dalam sarung tangan, atau air di sungai, atau cabang dalam pokok anggur.

Pengajaran Doa

Doa merupakan salah satu disiplin rohani yang seharusnya dilakukan oleh setiap anak-anak-Nya. Bahan-bahan seputar doa dibawan ini, dapat Anda gunakan untuk menambah wawasan Anda seputar doa, sehingga Anda memiliki kehidupan doa yang berkualitas.

  • Teologi Doa 1
    Berdoa adalah salah satu jalan untuk mengerti isi hati Tuhan dan menyampaikan maksud hati kita. Namun, kebanyakan dari kita masih egois dalam berdoa. Kita sering memaksa Tuhan untuk mengikuti kehendak kita. Lalu, bagaimanakah cara mengungkapkan doa secara benar di hadapan Tuhan?
  • Teologi Doa 2
    Mencari kerajaan dan kebenaran Allah, berarti menempatkan Tuhan Yesus dalam hati kita sebagai titik pusat dari seluruh kehidupan kita. Yesus bertakhta di dalam hati kita, jadi menjaga hati adalah perkara yang penting untuk dilakukan.
  • Komunitas dan Kekuasaan
    Sebuah komunitas Kristen adalah kelompok orang percaya yang saling mengenal satu sama lain sebagai teman dekat, bukan hanya sekadar wajah yang dikenali pada Minggu pagi.
  • Doa Yabes
    Yabes pertama-tama memohon supaya Allah memberkatinya (divine blessing). Memang itulah janji pertama Allah kepada Abraham. Namun yang lebih menarik adalah cara Yabes meminta Allah memberkatinya. Ia meminta seakan-akan mau meyakinkan Tuhan bahwa tanpa Tuhan memberkati dia, dia tidak akan bisa hidup. Ia minta supaya dirinya sendiri diberkati. Bukan benda, harta benda atau usahanya.
  • Apakah Doa Itu?
    Apa itu doa? Doa itu adalah suatu permintaan atau permohonan seseorang kepada Allah Bapa di sorga. Hal ini sangat tergantung kepada Sang Pemberi sebagai otoritas yang terakhir, dan bukannya si pemohon yang menentukan atau memastikan.
  • Berdoa dengan Efektif
    Agar doa kita efektif, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Temukan awabannya dalam artikel ini.
  • Doa Bapak Kami
    Doa ini diajarkan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya, sebagai contoh doa bagi orang percaya dan bagi gereja-Nya pada segala abad. Dalam Matius 6:9-13, doa itu disampaikan sebagai bagian yang tak terpisahkan dan Khotbah Di Bukit.
  • Doa Untuk Penyembuhan
    Alkitab menekankan betapa penting kuasa penyembuhan. Untuk memperoleh penyembuhan melalui iman dan doa, ada 4 langkah pokok yang harus kita ikuti.
  • Bagaimana Berpuasa
    Tidak ada seorang atlet yang langsung mampu menjadi pelari maraton sebelum lebih dahulu melewati tahap-tahap latihan yang panjang dalam jarak yang lebih pendek. Apa yang berlaku dalam bidang olahraga ini berlaku pula dalam disiplin rohani, termasuk puasa.
  • Bagaimana Cara Berbicara dengan Tuhan
    Berdoa adalah mencurahkan isi hati Anda, yang memunyai arti lebih dari sekadar mengulangi kata-kata yang sama sementara pemikiran Anda tidak ada di sana sewaktu Anda berdoa. Berdoa adalah berbicara dengan pengertian, sadar bahwa kita berbicara dengan pribadi yang memunyai akal budi.
  • Penglihatan Dalam Kemuliaan: Doa
    Banyak dari kita yang mengharapkan terjadinya pertemuan pribadi dengan Allah, tetapi kita ingin agar pertemuan itu terjadi sesuai dengan kehendak kita. Kita menginginkan lawatan Allah, tetapi kita menolak untuk naik ke tempat kediaman-Nya.
  • Pernahkah Berdoa Itu Salah?
    Alkitab mengatakan agar kita berdoa tanpa henti. Apakah ada saat berdoa bisa jadi salah? Saya akan memberikan lima situasi atau keadaan saat -- sesuai firman Allah -- kita berada "di luar jalur" ketika berdoa.
  • Disiplin Doa
    Doa adalah cara utama yang dipakai Allah untuk mengubah kita. Jika kita tidak bersedia diubah, kita mengabaikan doa sebagai ciri kehidupan kita yang nyata. Semakin kita mendekati hati Allah, semakin kita melihat kebutuhan kita dan kita semakin ingin menjadi seperti Kristus.
  • Saat Susah untuk Berdoa, Berdoalah dengan Susah Payah!
    Unsur doa manakah yang paling menyulitkan Anda? Mengucap syukur? Alkitab menetapkan bahwa kalau kita harus "mengucap syukur dalam segala hal", itu merupakan kehendak Bapa. Tuhan memerintahkan kita untuk mengucap syukur.
  • Halangan-Halangan dalam Berdoa
    Ada beberapa perkara yang dapat menghalangi doa. Hal ini diterangkan oleh Allah dengan sangat jelas di dalam firman- Nya.
  • Berdoa untuk Orang Lain
    Sering kali, kita merasa tak berdaya, tapi kita selalu dapat berdoa. Berdoa untuk orang lain bukan saja merupakan kehormatan, melainkan juga kewajiban yang sungguh-sungguh harus ditaati.
  • Doa: Mukjizat yang Hidup
    Seorang pekerja rohani yang berbobot memunyai peralatan khusus dan menggunakannya untuk memenangkan orang-orang yang tersesat dan meneguhkan iman orang-orang Kristen yang baru bertumbuh. Sekarang kita akan membuka dan melihat ke dalam kotak peralatan itu.
  • Pertanyaan Seputar Doa 1
    Doa itu percakapan dengan Allah -- berbicara dengan Dia, mendengarkan Dia, berada di hadirat-Nya. Percakapan dalam doa termasuk menceritakan segala pemikiran, perasaan, keragu-raguan, masalah, keluhan, harapan, dan kegembiraan Anda.
  • Pertanyaan Seputar Doa 2
    Apakah gunanya doa syafaat? Bilamana dan bagaimana saya harus memanjatkan doa syafaat? Apa yang harus saya lakukan ketika kehidupan doa saya terasa kering? Temukan jawabannya di artikel ini.
  • Bagaimana Allah Menjawab Doa-doa Kita
    Tuhan selalu punya waktu dan cara yang indah menurut kehendak-Nya untuk menjawab doa-doa kita. Oleh sebab itu, janganlah jemu-jemu untuk berdoa dan menantikan janji-Nya digenapi di dalam hidup Anda.
  • Kelompok Doa Ibu-Ibu Kristen: Bagaimana Memulai Sebuah Kelompok Doa di Sekolah Anak Anda
    Ide memulai sebuah kelompok doa ibu-ibu Kristen di sekolah negeri anak Anda nampak seperti suatu ide yang cemerlang, tapi Anda perlu berhati-hati sebelum memulainya. Banyak sekolah tidak mendukung kegiatan yang bernuansakan agama tertentu karena takut dianggap mengesampingkan agama yang lain.
  • Bersyukurlah atas Anak Anda Setiap Kali Anda Berdoa
    Ide memulai sebuah kelompok doa ibu-ibu Kristen di sekolah negeri anak Anda nampak seperti suatu ide yang cemerlang, tapi Anda perlu berhati-hati sebelum memulainya. Banyak sekolah tidak mendukung kegiatan yang bernuansakan agama tertentu karena takut dianggap mengesampingkan agama yang lain.
  • Kuasa Doa (Kisah Para Rasul 12:1-19)
    Sesungguhnya, di dalam doa terkandung rahasia yang amat indah dan luar biasa. Lebih dari itu, doa akan membuat diri kita bertumbuh di dalam Tuhan. Melalui doa pula kita dapat merasa dekat sekali dengan Dia. Sebab di dalam doalah kita bisa berdialog, berkomunikasi, atau berbicara dengan Tuhan secara leluasa.
  • Teladanilah Sikap yang Benar Terhadap Doa
    Ide memulai sebuah kelompok doa ibu-ibu Kristen di sekolah negeri anak Anda nampak seperti suatu ide yang cemerlang, tapi Anda perlu berhati-hati sebelum memulainya. Banyak sekolah tidak mendukung kegiatan yang bernuansakan agama tertentu karena takut dianggap mengesampingkan agama yang lain.
  • Pentingnya Berdoa
    Mengapa doa yang tekun, tak kunjung padam, berjaga-jaga, dan berkemenangan sangat penting? Temukan jawabannya dalam artikel ini.
  • Tujuh Menit Bersama Tuhan
    Daud berseru di Mazmur 37:8, "Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap ..." Hati yang siap dan mantap senantiasa menghasilkan hidup yang tidak mudah tergoyangkan. Hanyalah sedikit orang Kristen yang mempunyai hati dan hidup seperti itu. Salah satu kekurangan adalah rencana yang praktis untuk memulai dan melangsungkan pertemuan pribadi dengan Allah secara teratur tiap hari.
  • Pasang Surut Kehidupan Doa
    Apa yang menyebabkan pasang-surut dalam hidup berdoa kita? Mengapa kita kehilangan minat dalam berdoa? Mengapa kita berhenti berdoa? Satu penyebab kita berhenti berdoa atau membiarkan hidup berdoa kita pudar, ialah bahwa kita terlalu senang - puas dengan keadaan. Itu sifat dasar manusiawi.
  • Menuju Gerbang Transformasi: Berdoa, Beriman, Dan Bertindak
    Sebelum Transformasi dahsyat terjadi, setelah kematian dan kebangkitan Yesus, murid-murid diperintahkan untuk "menunggu" dalam doa bersama. Transformasi yang begitu murni dan dahsyat terjadi setelah doa yang sungguh-sungguh dinaikkan selama 10 hari sesudah kebangkitan Yesus.
  • Doa Melawan Status Quo
    Mengapa kita jarang berdoa untuk gereja lokal kita? Benarkah karena cara kita buruk, tekad kita lemah, atau daya imajinasi kita lesu?
  • Berdoa Kepada Allah
    Bagaimana kita dapat memiliki doa yang berkuasa? Kisah Para Rasul 12:5 menerangkan tentang doa kepada Allah yang berkemenangan dan doa yang mengakibatkan perkara-perkara besar terjadi. "Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah." Perhatikan perkataan "kepada Allah". Doa yang berkuasa adalah "doa yang ditujukan kepada Allah".
  • Jemaat Berdoa
    Mengapa sebenarnya kita berdoa? Apa yang kita lakukan apabila kita berdoa? Apa gunanya kita berdoa? Kepada siapa kita berdoa? Benarkah berdoa itu berbicara dengan Allah? Tidakkah kita berbicara sendiri dalam doa?
  • Doa
    Kita dapat berbicara kepada Allah. Allah berbicara secara verbal kepada kita melalui firman-Nya dan nonverbal melalui pemeliharaan-Nya yang nyata. Kita bersekutu dengan Dia melalui doa. Di dalam doa, kita mengalami Allah sebagai pribadi dan berkuasa.
  • Mengapa Kita Perlu Berdoa?
    Apakah hubungan antara doa dan kehidupan kristiani? Apakah hubungan antara doa dan setan? apakah hubungan antara doa dan Roh Kudus?
  • Bagaimana Allah Menjawab Doa-doa Kita
    Apakah doa Anda pernah dijawab? Dalam beberapa hal, jawaban datang berupa pemberitahuan Tuhan kepada orang yang berdoa itu tentang segala sesuatu yang harus dilakukan. Terkadang juga dalam menanggapi doa-doa manusia, Tuhan sering bekerja melalui orang lain.
  • Doa Bapa Kami 1 (Matius 6:5-14)
    Doa Bapa Kami membawa kita untuk memiliki hati Bapa yang pasti memberikan dampak kepada pemulihan antara Bapa dengan anak dan antara Bapa dengan gereja-Nya. Oleh karena itu, dalam Doa Bapa Kami, Yesus menuntun kita kepada jalan, kebenaran, dan hidup. Ada dua hal penting yang diajarkan Yesus dalam Doa Bapa Kami, yaitu pengakuan iman dan permohonan.
  • Doa Bapa Kami (Matius 6:5-14)
    Doa Bapa Kami membawa kita untuk memiliki hati Bapa yang pasti memberikan dampak kepada pemulihan antara Bapa dengan anak dan antara Bapa dengan gereja-Nya. Oleh karena itu, dalam Doa Bapa Kami, Yesus menuntun kita kepada jalan, kebenaran, dan hidup. Ada dua hal penting yang diajarkan Yesus dalam Doa Bapa Kami, yaitu pengakuan iman dan permohonan.
  • Doa Bapa Kami (Matius 6:5-14)
    Doa Bapa Kami membawa kita untuk memiliki hati Bapa yang pasti memberikan dampak kepada pemulihan antara Bapa dengan anak dan antara Bapa dengan gereja-Nya. Oleh karena itu, dalam Doa Bapa Kami, Yesus menuntun kita kepada jalan, kebenaran, dan hidup. Ada dua hal penting yang diajarkan Yesus dalam Doa Bapa Kami, yaitu pengakuan iman dan permohonan.
  • Doa
    Di dalam Alkitab, doa dinyatakan sebagai hal yang luar biasa penting. Sebagian dari bagian-bagian Alkitab yang menonjol berkaitan dengan doa, mengungkapkan pujian, penyembahan, syukur, pengakuan, dan permohonan.
  • Arti Penting dari Belajar Berdoa
    Apabila kita mengajar anak-anak untuk tidak sekadar berdoa, melainkan untuk menempatkan doa sebagai landasan hidup dan jati diri mereka yang sebenarnya, maka kita memberikan anugerah, manfaat, dan berkat-berkat utama yang dapat mereka peroleh dalam kehidupan, yaitu persekutuan dan persahabatan dengan Allah.
  • Berjaga-Jaga dan Berdoa, Keinginan dalam Doa, dan Waktu dan Tempat untuk Berdoa
    Juru Selamat kita setidaknya dua kali mengingatkan agar murid-murid-Nya berjaga-jaga dan berdoa (Markus 13:33 dan 14:38). Sebab itu kedua tugas tersebut merupakan kesatuan. Kita harus berjaga-jaga sementara kita berdoa dan berdoa sementara kita berjaga-jaga.
  • Ketika Enggan Berdoa
    Lukas 18: Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu. (ayat 1)
  • Pemimpin dengan Doanya
    Bila kita membicarakan pemimpin dengan doa dan keuangannya, nampaknya urusan ini terlalu sepele dalam jenjang penguraian "kepemimpinan". Bukankah dengan sendirinya seorang pemimpin harus berdoa, membaca dan mengurus keuangannya?
  • Suami Istri Perlukah Berdoa Bersama?
    Orang segera berpikir bahwa kata "ibadah" sangat erat kaitannya dengan kebaktian bersama. Orang yang beribadah biasanya memang berada di rumah kebaktian atau di dalam pertemuan doa. Tetapi ibadah juga dapat dilakukan secara individual, berdua atau juga dalam kehidupan yang nyata, ibadah itu juga dapat dibaca orang lain, melalui praktik iman.
  • Mengapa Berdoa
    Salah satu hak terbesar yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, anak-anak-Nya adalah hak untuk berdoa. Doa lebih dari sekadar bercakap-cakap dengan Tuhan; doa memunyai begitu banyak makna dan tujuan lainnya. Berikut akan dipaparkan beberapa di antaranya.
  • Mengajar Anak Berdoa Sebelum Tidur
    Paulus menulis ini pada rekan sekerjanya, Timotius, tentang sifat yang harus kita miliki di dalam Kristus Yesus. Ia berkata, "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban." (2 Timotius 1:7)
  • Berdoa Untuk Suami Anda Penting Bagi Pernikahan Anda
    Sebagai istri-istri, istri-istri Kristen, saya tidak berpikir bahwa kita menyadari kekuatan doa dan seberapa pentingnya dalam pernikahan. Kita memiliki tanggung jawab sebagai istri Kristen untuk menolong suami kita, dan bagian dari itu adalah berdoa untuk mereka setiap hari.
  • Mengajar Anak Berdoa
    Doa penting sekali diajarkan kepada anak sejak dini supaya hubungan mereka dengan Tuhan juga bisa terjalin sejak dini. Namun kendala yang sering dihadapi orang tua adalah bagaimana cara mengajarkannya.
  • Perlindungan Rohani Pemimpin
    Tidak ada yang ditakuti setan selain doa yang efektif. Setan tidak takut pada sederetan doa yang hanya terdiri dari kata-kata yang indah, yang sering dilakukan berbagai gereja dan orang-orang Kristen. Ketika para pemimpin Kristen giat membuat gerakan doa, dengan mengajar dan memberi contoh syarat-syarat doa serta menempatkannya secara intensif dengan pelayanan doa yang sistematis di gereja-gereja mereka dan organisasi lainnya, maka dunia kegelapan menaruh perhatian yang sangat serius.
  • Berdoa Mendatangkan Kemenangan dari Tuhan
    Lukas 6:12-13 mengatakan, "Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang yang disebut-Nya rasul." Tuhan Yesus mengasingkan diri dari banyak orang, dan pergi ke bukit untuk berdoa kepada Allah. Semalam-malaman Ia berdoa dengan tiada henti.
  • Tujuan Utama Berdoa
    Salah satu alasan mengapa gereja mula-mula mengalami terobosan kuasa saat mereka berdoa adalah, karena mereka bersatu dan sehati. Para murid bertekun "dengan sehati dalam doa bersama-sama" (Kisah Para Rasul 1:14).
  • Berdoa Bersama Orang Lain
    Memunyai rekan doa adalah suatu cara yang indah untuk bertumbuh di dalam Tuhan," demikian kesaksian seorang aktivis pelayanan mahasiswa. Kenyataan ini memang telah terbukti dalam pengalaman mereka yang mempraktikkannya.
  • doa Pribadi
    Seperti hubungan dalam pernikahan, hubungan kita dengan Tuhan perlu senantiasa dipelihara. Walaupun doa merupakan sarana komunikasi di mana hubungan kita dengan Tuhan dikembangkan, banyak orang bergumul untuk memelihara kehidupan doa yang konstan.